Panduan Mengajar Komputer Untuk Anak Usia TK (Taman Kanak-Kanak)

Panduan Mengajar Komputer Untuk Anak Usia TK (Taman Kanak-Kanak)| Bagi guru taman kanak-kanak (TK) yang di lembaganya mengadakan kelas komputer panduan berikut bisa jadi bahan referensi bagaimana mengajar komputer kepada anak dibawah usia sekolah dasar. Untuk mengajar komputer memang tidak perlu ada panduan khusus, tetapi mempertimbangkan usia dan kompetensi yang harus diterima oleh siswa dengan tingkatan usia tertentu panduan sebaiknya dibuat oleh bagian akademik sekolah, ini sebagai landasan atau SOP. 

Persiapan
Untuk sarana belajar sekolah sebaiknya menyiapkan perangkat komputer yang safety. Standar keamanan sebuah perangkat belajar komputer bisa di search di mesin pencari, atau lain waktu saya akan mempostingnya disini.
  • Usahakan satu komputer satu siswa, 1:1. Atau jika tidak memungkinkan maksimal 1 komputer 2 siswa.
  • Ukuran tempat belajar / lab komputer, usahakan sesuai standar ruangan belajar. Baik sirkulasi udara, maupun bentuknya. Untuk tempat praktik komputer siswa taman kanak-kanak tidak ada ukuran standar baku sebenarnya, tetapi yang lebih penting perhatikan jumlah perangkat, jumlah siswa, keleluasaan siswa ketika belajar, dan tidak menghalangi mobilitas instruktur ketika praktik. Dan yang lebih penting keamanan siswa yang harus lebih diperhatikan.
  • Software yang harus terinstal dalam komputer yang akan digunakan untuk praktik, usahakan perbanyak aplikasi untuk pengolah gambar sederhana. Minimal Paint terbaru. Software-software untuk siswa belajar mewarnai. Games edukasi yang sesuai dengan usia anak.
  • Infokus lengkap dengan white screen serta perangkat audio. Hal ini untuk sesekali siswa melihat tayangan film-film pendek atau film kartun edukasi. Dan bisa juga untuk panduan ice breaking, atau pemanasan sebelum memulai pelajaran mengadakan senam otak dan senam lainya.
  • Usahakan model tempat duduk lesehan, tidak duduk dibangku. Ini untuk mengantisifasi aktivitas anak diusia tersebut yang cenderung bebas.
  • Guru menyiapkan segala kebutuhan praktik. Misalnya file gambar yang akan diwarnai, usahakan sebisa mungkin model penyimpanan file memudahkan siswa. Kalo bisa taro di dekstop saja.
Materi pembelajaran
Untuk siswa usia TK, perbanyak praktik yang bisa mengasah kemampuan psikomotorik anak. Pengenalan warna, objek vektor, dan model mewarnai lainnya. Siswa juga harus diberi wawasan mengenai fungsi komputer secara sederhana.

Kebanyakan guru memaksakan keinginannya kepada siswanya, mengajar sesuatu yang menurutnya bisa anak lakukan dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Padahal anak usia TK tidak perlu demikian, anak TK tidak perlu langsung bisa mengetik di microsoft word sebab mereka tidak akan seang dengan pelajaran seperti itu. Berikan materi sederhana, seperti bagaimana cara memegang mouse yang nyaman ( ingat, yang nyaman bukan yang benar), bagaimana cara mengetik sesuai kemampuan jangkau jari mereka (jangan ajarkan mengetik 12 jari), bagaimana posisi yang nyaman ketika menghadapi monitor.

Berikan pula pengetahuan pengaruh komputer terhadap kesehatan, terutama apabila duduk yang salah, posisi tangan yang salah ketika mengetik dan seterusnya.

Jadi secara skema ada tiga materi yang harus diberikan yaitu:
  • Praktik menggunakan aplikasi
  • Pengenalan penggunaan perangkat keras (mouse, keyboard, dan seterusnya)
  • Pemahaman tentang pengruh komputer terhadap kesehatan
  • Games dan pelajaran komputer yang menyenangkan lainnya.
Skema pembelajaran

Ketika praktik, disesuaikan dengan jumlah siswa dan jumlah komputer. Kalau jumlah siswa ternyata sesuai dengan jumlah komputer bisa langsung masuk bersamaan satu kelas, kalau tidak, maka dibuatlah kelompok kecil agar proses pembeajaran berjalan epektif.

Minimal ada dua instruktur, lebih daru dua itu sangat baik. Satu instruktur yang memberikan materi didepan siswa. Satu instruktur lagi yang membantu siswa dalam mempraktikan apa yang dicontohkan instruktur satu.  Kalau masih ada satu instruktur lagi, fungsikan sebagai pengawas terhadap kenyamanan dan keamanan siswa.

Nah demikian posting singkat mengenai panduan mengajar komputer untuk anak usia TK. Panduan ini tidak baku, dan ini berdasar apa yang penulis alami selama menjadi guru TIK. Mungkin masih banyak lagi panduan yang lebih lengkap dari rekan guru lainnya, silahkan cari referensi sebanyak-banyaknya untuk kebaikan siswa kita.

Artikel lainnya yang mungkin bermanfaat untuk anda baca:
Belajar Mewarnai Menggunakan Paint (Untuk Anak SD Kelas 1-2
Bisakah Orangtua Menjadi Guru Untuk Anaknya 

4 comments:

  1. Info tulisan yang menarik, apa ada downloadan aplikasi komputer untuk anaknya, mas/ pak? Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sharenya, bisa bermanfaat untuk anak saya yang mau kelas 1

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas panduannya. Memang saat ini kami dari TK MITRAStudi sedang mencari tuntunan untuk segera memberikan pelajaran komputer untuk murid kami.

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas panduannya,sangat bermanfaat bagi anak2 yang ingin mengenal banyak tentang komputer.
    kunjungi gan tempat kami http://www.ariskomputer.com
    http://www.tangsel.ariskomputer.com

    ReplyDelete