Belajar Mewarnai Menggunakan Paint (Untuk Anak SD Kelas 1-2)

Belajar Mewarnai Menggunakan Paint (Untuk Anak SD Kelas 1-2)|  Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana cara mengajar komputer untuk anak SD kelas 1 dan 2? Yang bertanya tersebut kebanyakan guru yang mendapat tugas mengajar mata pelajaran TIK. Dan saya menjawabnya dengan membuatkan modul komputer yang isinya berupa panduan mewarnai bagi anak, dengan aplikasi yang digunakan adalah Paint. Saya pun berusaha membuat percobaan dengan membuat gambar-gambar yang kemudian saya warnai menggunakan Paint. Hasilnya ada lebih dari 40 halaman modul mewarnai. Contoh gambarnya bisa dilihat dibawah ini...

Contoh-contoh gambar untuk latihan mewarnai siswa kelas 1 dan 2 SD:

A. Belajar mewarnai 
Model gambar hitam putih sebagai media yang akan diwarnai oleh anak
Model gambar yang sudah diwarnai oleh anak
B. Belajar membuat gambar pemandangan
Model gambar sketsa sebelum diwarnai oleh anak
Model gambar sketsa yang sudah diwarnai
C. Belajar menempel gambar

Contoh hasil gambar tempel di paint
Pembaca mungkin bertanya bagaimana mempraktikan contoh-contoh tadi? Untuk praktik mewarnai, guru terlebih dahulu membuat berbagai jenis gambar sketsa hitam putih yang disimpan dalam folder latihan. Nantinya ketika praktik, anak dipersilahkan untuk membuka folder tersebut dan memilih gambar mana yang akan diwarnai.

Untuk belajar menempel gambar, tugas guru adalah mengumpulkan potongan gambar dalam satu folder. Gambar-gambar tersebut terdiri dari gambar phon, orang, awan, matahari dan lainya. Nantinya ketika praktik anak diajak untuk menggunakan gambar yang ada dalam folder kemudian menempelnya satu persatu hingga membuat model gambar baru, seperti pada contoh diatas.

Tentu semua contoh tadi harus disertai dengan panduan praktik dalam bentuk modul praktik. Guru bisa membuatnya sendiri. Atau jika tidak memiliki banyak waktu untuk menyusun materi modul bisa membelinya. Terusterang saya membuat modul untuk kebutuhan mengajar seperti pada contoh-contoh diatas tentu disertai dengan materi lainya, jika tertarik bisa melihat resensi modul tadi disini.

_______
Artikel ringan lainnya yang mungkin menarik untuk anda baca:
Teknologi Dan Anak Anda
Bisakah Orangtua Menjadi Guru Komputer Untuk Anaknya?
Pengaruh Buruk Internet Terhadap Anak-Anak

No comments:

Post a Comment

Post a Comment