Sudah Amankah Jarak Pandang Anak Anda Ketika Belajar Komputer?

Sudah Amankah Jarak Pandang Anak Anda Ketika Belajar Komputer? Pertanyaan ini patut mendapat respon yang baik bagi para orangtua, karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata putra-putri anda. Karena penggunaan komputer berlebihan (interaksi terus menerus dengan komputer) dapat menyebabkan myopia (mata minus) pada anak-anak.

Untuk itu sangat baik jika orang tua sangat memperhatikan jarak pandang anak ketika mereka sedang berinteraksi dengan komputer. Jika dirasa jarak pandang anak tidak baik, maka sebaiknya orang tua segera memberi tahu anaknya atau dengan mensiasatinya dengan cara mengatur posisi kursi, meja komputer, dan monitor sesuai jarak yang wajar.

Sebelum membaca lanjutan artikel ringan ini, beberapa waktu yang lalu saya sudah posting artikel ringan lainnya yang berjudul Panduan Berinternet Aman Untuk Anak, artikel tersebut membahas tips-tips mengamankan anak-anak dari bahaya internet.

Beberapa hal yang membahayakan kesehatan mata dari komputer adalah:
  1. Pancaran radiasi yang disebabkan oleh gelombang beta pada monitor dapat menyebabkan kerusakan pada retina.
  2. Tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu gelap tidak baik untuk kesehatan mata.
  3.  Adanya kelelahan mata, pandangan menjadi kabur, dan mata kering.
Perlu diketahui menurut artikel yang pernah saya baca, bahwa monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah (grup metalloids) yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah. Dan radio aktif inilah yang berdampak buruk terhadap kesehatan mata. Karena pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20 tahun. Kerusakan pada mata tidak bersifat langsung, tetapi bersifat gradual.

Selain radio aktif, tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Karenanya mata akan menjadi cepat lelah.

Tips Mengatur Jarak Pandang Dengan Monitor
  1. Posisikan layer monitor sedemikian rupa sehimgga tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain seperti lampu ruang kerja yang dapat menyebabkan kesilauan pada mata.
  2. Agar mata dapat membaca dengan nyaman,  letakkan monitor lebih rendah dari garis horizontal mata dengan membentuk sudut lebih kurang 30 derajat. Keadan ini dapat dicapai bila pusat layer monitor terletak sekitar 25 cm dari garis horizontal mata sehingga mata akan mengarah ke bawah (ke layar monitor).   Jarak layer monitor dengan mata sekitar 40-75 cm.posisi demikian akan sangat mengurangi kelelahan pada mata. 
  3. Buatlah cahaya latar monitor dangan warna yang “dingin” ,  misalnya putih keabu-abuan dengan warna huruf yang kontras .  gunakan tampilan huruf yang normal (font size 12).penggunaan ukuran huruf lebih kecil dari ukuran tampilan normal akan mengakibatkan mata cepat lelah.
  4. Agar mata tidak kering ,  sering-seringlah berkedip dan sesekali pindahkan arah pandangan mata ke luar ruangan. Bila perlu usaplah kelopak mata secara lembut (memijit ringan bola mata).   
Dan yang paling penting bagi para orang tua adalah, bagaimana mengawasi anak ketika berinteraksi dengan komputer, jangan sekali-kali membiarkan anak sendirian didepan komputer, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak baik fisik maupun psikologi.

Demikian artikel yang saya beri judul Sudah Amankah Jarak Pandang Anak Anda Ketika Belajar Komputer? ini mudah-mudahan bermanfaat.

Beberapa artikel yang sudah saya posting di blog ini yang mungkin bermanfaat:
Software Edukasi Untuk Pembelajaran Anak (Kumpulan Software Edukasi)
Pengaruh Buruk Internet Terhadap Anak
Belajar Mewarnai Menggunakan Paint (Untuk Anak SD Kelas 1-2
Contoh Gambar Paint 

Sumber referensi tulisan
http://anggadoankzzz.blogspot.com
http://www.kamusilmiah.com/

No comments:

Post a Comment