Tips Memberikan Pengetahuan Berinternet yang Baik Kepada Anak

Tips Memberikan Pengetahuan Berinternet yang Baik Kepada Anak ini  bisa para orang tua coba berikan untuk anak-anaknya di rumah. 

Sebelum melanjutkan membaca beberapa tips sederhana yang akan saya berikan, alangkah baiknya bapak/ibu sekalian untuk membaca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya:
Sudah amankah jarak pandang anak ketika belajar komputer?
Panduan berinternet untuk anak
Software edukasi untuk pembelajaran anak
Panduan mengajar komputer untuk anak usia TK
Pengaruh buruk internet terhadap anak-anak
Teknologi dan anak anda
Belajar mewarnai menggunakan Paint

Internet sebagaimana yang kita tahu, dan sudah saya tulis sebelumnya di blog ini, bahwa media tersebut saat ini sudah menjadi bagian dari sosial-budaya masyarakat modern di tanah air. Karena mudahnya memperoleh gadget dengan harga murah, dan rata-rata gadget tersebut memiliki fitur koneksi ke internet. Bukan cuma itu, memperoleh koneksi ke internet pun semakin mudah, warnet sudah dimana-mana, hotspot area ada dimana-mana pula, dan paket berlangganan internet pun bisa pra bayar dan seterusnya. Yang jadi permasalahan berikutnya adalah anak-anak berada disana (baca artikel ini), karenanya  peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pengetahuan berinternet yang baik kepada anaknya.

Berikut tips sederhanya:
  • Pertama, berikan pencerahanan kepada anak-anak tentang fungsi internet. Bahwa fungsi internet itu bukan cuma untuk facebook-an, atau bermain game saja. Melainkan ada banyak hal positif yang bisa membuat mereka (anak-anak) jadi lebih pintar dalam mata pelajaran tertentu. Berikan contohnya, misalnya dengan memberikan referensi situs pembelajaran matematika untuk menyelesaikan materi tertentu, atau melihat cara penyelesaiannya melalui youtube. Dan masih banyak cara kreatif lainnya yang dapat memberikan pencerahan kepada anak mengenai fungsi internet.
  • Kedua, ajaklah anak-anak untuk melihat prestasi anak-anak lainnya melalui internet. Berikan spirit dan motivasi bahwa mereka juga bisa melakukan hal yang dilakukan anak-anak berprestasi tersebut. Berikan banyak referensi alamat situs yang menampilkan prestasi-prestasi yang diperoleh anak-anak di seluruh dunia.
  • Ketiga, perlihatkan video yang diperoleh dari youtube tentang bagaimana seorang anak membuat kerajinan sederhana. Hal ini untuk merangsang kreatifitas anak. Tapi jangan lupa, dampingi anak ketika melihat video melalui youtube tersebut, sebab jika tidak didampingi bahaya mendapatkan video yang tidak baik bisa anak-anak temukan.
  • Keempat, ajaklah anak anda untuk belajar menulis di blog. Untuk itu buatlah sebuah blog khusus untuk anak anda, dan ajarkan mereka bagaimana menulis di blog tersebut. Berikan spirit, bahwa dengan menulis berarti mereka telah memberikan kebaikan pada orang lain. Berikan insfirasi untuk motivasi menulis mereka, misalnya dengan melihat tulisan anak-anak lainnya di internet.
  • Kelima, ketahui minat anak ketika mereka berinternet. Hal ini penting untuk langkah preventive bila terjadi gejala-gejala yang tidak baik pada anak. Jika anak ternyata suka gambr-gambar atau photo, ajaklah mereka untuk mengunjungi situs national geografic, nasa, dan situs photo lainnya. Tentunya situs photo yang tidak untuk orang dewasa. Kalau ternyata anak suka melihat video, maka lebih baik anda download sendiri dan disimpan di hardisk komputer untuk suatu waktu anak ingin melihatnya bisa langsung dari komputer tanpa takut mereka melihat hal-gal yang tidak baik.
  • Keenam, berikan pengetahuan tentang baik dan buruknya internet, baik dan buruknya mengunjungi situs tertentu. Hal ini penting dilakukan terus menerus, agar kemampuan filtering tumbuh dengan sendirinya dari hati anak sehingga mereka jadi lebih savety dalam menggunakan internet. Tapi ingat, usia anak-anak adalah usia yang sedang ingin mencari tahu semua hal. Karenanya naluri browsing mereka akan sangat "liar", untuk itu berikan terus menerus pengetahuan tentang hal baik dan buruk itu sangat penting.
  • Ketujuh, buatlah jadwal berinternet. Ini penting agar anak tidak kebablasan, karena mereka juga harus mengerjakan tugas sekolah, bermain dengan anak-anak lainya, dan sebagainya. Untuk itu buatlah jadwal secara demokratis, biarkan anak anda menentukan waktu yang mereka inginkan kapan mereka hendak berinternet. Tetapi jangan serahkan sepenuhnya kepada anak, melainkan dengan kesepakatan bersama yang tidak terlalu mengekang anak tetapi tidak pula merugikan waktu anak anda lainnya untuk bersosialisasi dengan kehidupan nyata.
Nah, demikian Tips Memberikan Pengetahuan Berinternet yang Baik Kepada Anak kali ini. Masih ada banyak tips tentunya yang bisa para orang tua lakukan, diantaranya mebuat kumpulan referensi situs bermanfaat, memberikan tugas berinternet yang sinkron dengan mata pelajaran dan sebagainya. Intinya, bagaimana peran orang tua dalam membimbing dan memberikan pengetahuan tentang berinternet yang baik agar anak sebisa mungkin terhindar dari mendapatkan informasi yang tidak baik.

Koleksi semua tulisan tentang panduan belajar komputer untuk anak dengan menggunduhnya disini >>

No comments:

Post a Comment